Translate

Selasa, 01 Oktober 2013

UMKM- Komponen Rencana Bisnis

I.                  RINGKASAN EKSEKUTIF
1.1  Konsep Bisnis
Perusahaan yang kami dirikan bergerak di bidang manufaktur, dimana kami mengolah beberapa bahan untuk menjadi bahan siap jual. Perusahaan kecil ini memproduksi makanan, yaitu berupa coklat karena coklat memiliki peluang yang sangat besar untuk dijadikan sebuah bisnis. Selain itu, resiko pembuatan coklat tidak terlalu besar dan fatal sehingga tidak akan menyebabkan kerugian apabila terjadi kegagalan produksi.
Coklat sangat disukai oleh semua kalangan sehingga kami bisa dipastikan bahwa produk kami tidak akan mengalami kesulitan untuk dijual. Karena coklat bisa divariasikan, maka kami mencoba bervariasi dengan coklat yang kami produksi agar mampu menarik minat para konsumen dan mampu berada di dalam hati konsumen karena perbedaannya dengan produk coklat lainnya.
Modal yang kami butuhkan didapatkan dari sejumlah uang dari para pemilik  perusahaan dengan jumlah yang masing-masing sama, lalu dikumpulkan.
Bahan di beli di pusat perbelanjaan yang terjamin penyimpanannya, bahan dipilih berdasarkan komposisinya, dimana bahan yang paling baik kualitas dan komposisinya yang akan kami gunakan.

1.2  Misi Perusahaan
Visi dari Perusahaan Chibi Chocolatte adalah Menjadi Perusahaan yang terpercaya dan sukses.
Misi dari Perusahaan Chibi Choccolatte adalah menyediakan makanan yang bercitarasa menarik, berkualitas, dan selalu mengutamakan kualitas bahan dan produksi bagi kalangan mahasiswa Universitas Pakuan. Serta dapat membuka sebuah peluang usaha baru yang menjanjikan bagi seorang mahasiswa.


1.3  Produk/ Jasa
Perusahaan ini adalah perusahaan yang memproduksi Coklat. Dalam membuat produk Chibi Chocolatte ini kami mencoba berinovasi untuk memberi varians produk. Jika biasanya coklat-coklat yang ada dipasaran identik dengan satu rasa, dan yang terpikir apabila kita mendengar kata coklat adalah manis, susu, dan berwarna coklat, maka kali ini kami mencoba mengubah pandangan tersebut dengan berinovasi terhadap rasa. Coklat yang akan kami jual tidak hanya memiliki 1 rasa, melainkan dalam setiap batang coklatnya, terdiri dari 2 lapisan rasa.
1.   Coklat Mint- Coklat Kismis (Kissmint)
Yaitu coklat dimana lapisan atasnya adalah coklat dengan rasa mint yang dingin, dan pada lapisan bawahnya adalah dark coklat yang ditaburi kismis. Sehingga, rasa yang akan muncul pada setiap gigitannya adalah, Dingin, pedas, manis, dan asam dari potongan-potongan kismisnya.
2.   Coklat Susu- Coklat Kismis (Sussis)
Yaitu coklat dimana lapisan atasnya adalah coklat putih yang ditambahkan susu, dan pada lapisan bawahnya juga dark coklat yang ditaburi kismis. Sehingga, rasa yang akan muncul pada setiap gigitannya adalah  manis, gurih, dan asam.

1.4  Persaingan
Bisnis pasti tidak lepas dari kata persaingan. Persaingan tersebut alangkah baiknya apabila kita menyikapinya dengan positif dan bijak. Sebenarnya persaingan dalam berbisnis dapat dijadikan motivasi untuk dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru, meningkatkan mutu, serta kualitas agar dapat bersaing secara sehat. Harga yang dapat dijangkau oleh semua kalangan.
1.   Bahan yang digunakan terjamin, karena dibeli dengan cermat, memperhatikan tanggal produksi, kemasan, dan komposisi.
2.   Bentuk bermacam-macam, ukuran dibagi menjadi dua, kecil dan besar.
3.   Rasa yang berbeda dengan produk lainnya.


1.5  Target dan Ukuran Pasar

Target Pasar yang pertama dari penjualan Coklat ini adalah Mahasiswa Universitas Pakuan, dimana mahasiswa dengan Umur di kisaran 19 hingga 23 tahun merupakan konsumen yang sangat suka “Jajan”, mahasiswa biasanya menyukai makanan yang simple, dan sesuai dengan uang saku mereka, selain itu mahasiswa seringkali mengalami kesuntukkan, “badmood”, sehingga coklat chibi merupakan jajanan yang tepat dimana coklat mengandung zat yang mampu memperbaiki mood seseorang.
Target Pasar yang ke-dua adalah murid-murid dari sekolah Pendidikan Anak Usia Dini, dimana anak-anak di umur tersebut sangat suka “Jajan”, sehingga kami menghadirkan suatu jajanan berbentuk Coklat yang terjamin kualitas serta kesehatannya, sehingga para orang tua tidak perlu lagi khawatir terhadap Coklat yang kami jajakan.

1.6  Strategi Pemasaran
Pemasaran Produk Coklat Chibi dilakukan melalui:
a.       Melakukan promosi di Situs Jejaring Sosial Seperti Facebook dan Twitter, dimana situs jejaring sosial tersebut dapat menjadi media gratis yang akan memperluas pemasaran.
b.      Blogging, Chibi Chocolatte diiklankan dalam beberapa blog Tim manajemen yang juga secara Cuma-Cuma akan memperluas dan mempermudah pemasaran.
c.       Blackberry Messenger
d.      Dititipkan kepada guru salah satu Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini di daerah Citeureup- Sentul, Bogor.

1.7  Tim Manajemen
Perusahaan Chibi Chocolate ini masih terbilang baru dan sederhana, sehingga memiliki struktur organisasi yang juga sederhana dengan Jumlah Tim manajemen yang sedikit.
Manaajemen yang diperlukan di Perusahaan Ini adalah:
a.       Manajemen Produksi
b.      Manajemen Keuangan
c.       Manajemen Pemasaran
d.      Manajemen Administrasi
Struktur Organisasi:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar