Translate

Selasa, 01 Oktober 2013

Bahasa Indonesia- Resensi Musik- Super Junior


Mengenal Album Sexy, Free, and Single

Judul Album               : Sexy, Free, and Single
Penyanyi/ Artis           : Super Junior
Anggota Terkait          : Lee teuk, Sungmin, Kyuhyun, Siwon, Donghae, Shindong, Eunhyuk,
  Ryeowook, Yesung, Kangin
Aliran Musik               : R & B, Ballad, Rap, Pop-Elektro, Eurohouse
Durasi                          : 35 menit
Bahasa                         : Korea
Label                           : Soo Man Entertainment (SM Entertainment)
Produser                      : Lee Soo-Man
Penyusun                     : Daniel Obi Klein, Thomas Sardorf, Lasse Lindorf

            Berbeda dengan album-album sebelumnya, kali ini Super Junior memberi tema album mereka “Sexy and Free Life of a Single Man” yang bisa diartikan sebagai cerminan kehidupan masing-masing anggota yang memang semuanya masih lajang. Album ini menjadi album yang paling “sederhana” dibandingkan album-album mereka yang biasanya penuh warna. Album ini merupakan album dengan judul terpanjang, karena biasanya mereka hanya menggunakan satu atau dua kata saja, seperti: Sorry-Sorry, Bonamana, Mr. Simple, dan Don Don”t.
“Sexy, Free, and Single” adalah album ke-6 dari Boyband yang sangat fenomenal asal Korea Selatan ini. Boyband yang dianggotai oleh Lee teuk (Pemimpin), Kyuhyun (Vokal utama), Ryeowook (Vokal utama), Yesung (Vokal utama), Donghae (Vokal), Siwon (Vokal), Eunhyuk (Rapper), Shindong (Rapper), Sungmin (Vokal utama), dan Kangin (Vokal) ini telah merilis album ke-6nya pada tanggal 6 Juli 2012 yang lalu. Mereka mulai menulis lagu untuk album baru ini setelah sukses melaksanakan konser yang bertajuk “Super Junior Super Show 4” di beberapa Negara Asia dan Eropa. Proses penulisan, perekaman, dan pembuatan video klip lagu pada album ini memakan waktu yang cukup singkat, yaitu sejak bulan Mei hinggal awal Juli 2012.
Pada album ke-6 ini mereka mencoba berbagai jenis aliran musik, seperti R & B, Eurohouse, bahkan Ballad. Sebelum Album ini dirilis, album yang diciptakan oleh 10 dari 13 anggota super junior ini menjadi salah satu album yang paling ditunggu oleh seluruh penikmat musik, terutama para penggemar K-Pop (sebutan untuk musik asal korea) dan para ELF (sebutan untuk para penggemar Super Junior yang merupakan akronim dari kata Ever Lasting Friends). Selain karena demam K-Pop sedang mewabah di seluruh belahan dunia, tapi juga karena pada album ini hadir kembali Kangin yang sejak tahun 2009 harus cuti dari aktivitas panggung super Junior karena menjalani wajib militer. Di samping itu, album mereka yang ke-6 ini juga akan menjadi album terakhir pemimpin boyband ini, Lee teuk, karena harus melaksanakan wajib militernya menyusul “Heechul” (anggota super junior yang sejak tahun 2011 juga melaksanakan Wajib Militer) pada akhir September ini.
            Album Sexy, Free, and Single yang mengusung konsep “Pria-Pria Cantik” ini dikoreografikan oleh salah satu koreografer ternama di Dunia yaitu Devin Jamieson yang juga pernah bekerjasama dengan Michael Jackson dan BoA. Video klip pada album ini dibuat di studio milik SM Entertainment. Selain musik, tema, konsep, dan kemunculan kangin, yang paling membuat para penggemar penasaran ialah penampilan yang akan dibawakan oleh masing-masing anggota. Dan benar saja, setelah dirilis Juli lalu, album ini terus menjadi perbincangan hangat para penikmat musik dan diburu oleh para penggemar K-pop tentunya. Bahkan, album ini menjadi salah satu album terlaris di tahun 2012 ini.
Dalam perilisannya, album ini dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian A dan B yang terdiri dari 11 lagu, yaitu:
1.      Sexy, Free, and Single
2.      SPY
3.      Now
4.      Gulliver
5.      Someday
6.      From U
7.      Rockstar
8.      Bittersweet
9.      Day Dream
10.  Butterfly
11.  A Goodbye
Dalam waktu beberapa hari saja saat video klip dari lagu pertama mereka yang berjudul “Sexy, Free, and Single” resmi dirilis, lagu ini menjadi puncak di tangga lagu dari berbagai Negara di belahan dunia. Tidak hanya berhenti disitu, lagu mereka yang berjudul “SPY” juga mendulang kesuksesan yang tidak kalah hebatnya, lagu ini memecahkan rekor tangga lagu di acara-acara musik dari beberapa Negara. Lagu yang bertema mata-mata ala James Bond ini disebut-sebut memiliki keunikan dan sangat jauh berbeda dengan lagu-lagu mereka sebelumya, dari mulai konsep, hingga alirannya. Satu lagi yang menjadi andalan pada album ini yaitu lagu berjudul “Gulliver” yang diciptakan sendiri oleh Eunhyuk di mana kita akan melihat sisi lain dari beberapa anggota seperti Donghae dan Siwon yang mencoba menjadi seorang rapper dalam lagu tersebut.
Dibandingkan dengan album-album mereka yang sebelumnya, banyak hal baru dan menarik yang dapat dinikmati oleh para penggemar dari sang Raja Gelombang Musik Korea ini. Meskipun kesuksesan penjualan album ini tidak dapat mengalahkan kesuksesan album ke-3 mereka, “Sorry-Sorry”, namun perubahan yang mereka lakukan mendulang kesuksesan besar dan memberi angin segar serta perubahan yang memberi warna baru pada industri musik Korea, bahkan Dunia.

Diresensi oleh: Megy Anggraini (0221-11-156)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar